Akber102

SHARING SARENG


#AKBER102

Hai guys,Sabtu 25 April 2015 kemaren gue ikutan acara seminar kelas akber102. Acaranya seru banget sih,bisa saling sharing pengalaman, nambah pengetahuan juga dan ini merupakan kelas nirlaba, kita gak dipungut biaya buat ikutan acara ini, padahal disini kita ngedapetin banyak hal yang belom kita tau. Bahkan berbagi pengalaman sama orang orang besar, orang yang udah ahli dibidangnya. Pengusaha sukses yang gak segan berbagi ilmu, dan cerita perjalanan usahanya. Acara seminar yang punya motto "Berbagi Bikin Happy!" ini berkonsep kekeluargaan banget, dan santai,kita bisa sharing bisa tanya tanya, dan memanfaatin kesempatan buat tanya ke pembicaranya langsung. Jujur baru pertama kali ikutan acara seminar bisnis yang kek ginian,tapi pengalaman serta ilmu yang gue dapet disini banyak banget. Tapi masih belom banyak orang yang tau tentang Akber ini, gue pun juga gak tau klo gak dikasih tau bestfriend gue Andika. Pengen tau Akber itu apa dan acaranya kek gimana? Nih gue jelasin.

Apasih Akber???

          Mungkin kebanyakan dari kita kurang mendengar apa itu Akber. Nah Akber atau Akademi Berbagi itu adalah salah satu gerakan sosial nirlaba yang punya tujuan untuk berbagi (sharing)  ilmu pengetahuan,wawasan, serta pengalaman, Bentuknya yaitu berupa kelas kelas pendek yang diajar oleh para ahli dan praktisi dibidangnya.

Nah, salah satu kelas yang aku ikutin yaitu Akber102. Acara tersebut mengangkat tema "BUSINESS COACHING CLASS". Jadi ini kayak seminar bisnis gitu, we talk about PRODUCT DEVELOPMENT, MARKETING AND SALES, GLOBAL COMPETITION. 



Acara Akber102 kemaren pembicaranya ada Bapak Imam Subchan, Bapak Aziz Bakhtiar, dan Bapak Irawan. Beliau beliau merupakan pengusaha yang udah sukses dibidang masing masing. 

Pak Imam merupakan pengusaha Garmen yang udah punya brand terkenal. Beliau kemaren sebagai moderator pemandu acara, gaya bahasa serta pembawaannya dalam berkomunikasi sangat menginspirasi gue untuk meniru beliau. Pembawaan beliau yang santai dalam membawakan buat gue gampang nangkep materinya. Ditambah lagi bapak nya ganteng hahaha....






Yuk lanjut crita, jadi gini guys, inti dari acara seminar ini lebih kayak berbagi pengalaman tentang dunia bisnis. Sekarang ini kan Indonesia bakalan ngadepin AEC 2015, nah untuk itu para pengusaha harus bisa bersaing di dunia global karena kan sekarang lagi masanya globalisasi. Karena hal itu banyak para pembisnis yang mengalami keragu raguan dalam mengambil setiap keputusan dalam usahanya.

Dalam bisnis nih guys temen bisa jadi musuh, contohnya yaitu Apple sama Samsung. Loe semua tau gak, samsung itu supplier utamanya si Apple. Tapi ketika Apple ngumumin membuat produk touchscreen akhirnya samsung pun membuat produk model sama. Nah Samsung dilaporin deh ke pengadilan sama Si Apple,akhirnya Apple yang menang. 

Produk produk atau brand terkenal seakan udah menghipnotis para konsumen, banyak dari kita bersikap prestise terhadap brand terkenal tersebut dan mamerin merk merk dagang, padahal secara tidak langsung kita sama aja yang mempromosikan dan memberi keuntungan merk tersebut. Coba loe pikir lgi deh....

Lanjuttttt.... Nah pembicara kedua yaitu Bapak Irawan, beliau nih ownernya Timlo.net ,yang punya Timlo.net. Klo kalian ada yang mimpi buat punya duit sejuta dollar kayak Merry Riana nih, mungkin klo loe  ada diposisinya Pak Irawan  impian loe udah kecapai karena Timlo.net ini udah ditawar investor asing sebesar 1 juta dollar.  Namun pelajaran yang gue dapat dari beliau nih yaitu rasa Nasionalisme yang beliau miliki. Beliau tidak sedikitpun berniat buat ngejual si Timlo.net ini , karena beliau ingin menunjukkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. 
Hmmm, klo bicara soal pengusaha backbone kayak kini jadi keinget ada mantan Presiden kita tuh yang ngejual aset Negara#sindirdikit.




Now. move ke pembicara ketiga yaitu Pak Aziz, Gilaaaa, pengen banget kyk Pak Aziz nih guys, beliau itu usaha sambil travelling ,around the world, bisa dibayangin kan keseruannya??????? Udah usaha dapet duit,mempromosikan produk sampek Luar Negri ditambah lagi keseruan travellingnya tuu lohh. Beliau ini merupakan supplier nya Manjusha. Yang gue salut dari beliau yaitu , kok beliau masih bisa hidup gitu loh sampek skarang,padahal sempet punya utang 5M, 5miliarrrr, aaaa kan gila guysss. 






Nah setelah beliau semua sharing dengan pengalaman beliau masing-masing, akhirnya dibuka sesi pertanyaan. Dibuka tiga pertanyaan. Yang pertama ada Pak DKI Jakarta  yang tanya gimana membagi pikiran ketika ngejalanin beberapa bisnis . Yang kedua ada kak Siswandi BEM UNS yg mnta saran, dia buka usaha tapi empat bulan baru untung. Dan yang terakhir tanya gue guys. Gue beraniin diri berdiri di depan orang orang yang lebih berpengalaman dan berpengetahuan dari gue, sempet grogi sih, tapi masa bodoh,. klo gue gak tanya dan gak manfaatin kesempatan kan rugi. Akhirnya gue memperkenalkan diri klo gue anak sma dari  SMA 7 Ska,ketika gue ngmong klo dari anak sma 7,ternyata Pak Imam yang jadi modeator seminar itu juga alumni dari sma7, yang kemudian kuliah di UGM trs lanjut kuliah di UI. Banyak yang kaget karena disitu kebanyakan anak kuliahan,orang yg udh kerja dan para pembisnis. Yng gue tanyain yaitu gue tanya , gimana cara memulai bisnis buat anak muda tanpa melakukan imitation ,karena kebanyakan orang bisnis gitu cuman ikutan alur dan kurang menonjolkan ciri khas dari usaha mereka, pertanyaan itu adalah salah satu goal tersendiri yang seharusnya ditanyain diawal, karena banyak orang ikutan seminar bisnis tapi mereka ada yang blom mulai" berbisnis karena takut mencoba.


                              
Pertanyaan pertanyaan itu akhirny dijawab oleh para pembicara. Cukup memberikan inspirasi sih, tapi gue msh bingung smpk sekarang mau bisnis apa, mikir kuliah dulu lah#pucingpalaaaa....
Akhirnya karena udah terlalu sore dan gue punya tanggung jawab buat jemput adek pramauka, baru setengah acara, gue pulang, sedih sihhh, tapi gimana lagii daripada diomelin ibukkk ,huftt.

Singkat cerita itu guyss, pengalaman dan info yang aku dapet. Yukk pada ikutan Akber Solo. 

"Mari jadi generasi pelurus bangsa yang inovatif,kreatif,dan berbudi luhur"





Komentar

Postingan Populer