ANAK KAMPUNG paling FENOMENAL

“Beri aku sepuluh pemuda, maka akan aku goncang dunia” – Ir. Soekarno

                Karena udah gak sekolah lagi, dan tiap hari libur, aku gak pengen waktuku terbuang sia-sia gitu aja . Kesempatan libur panjang tak manfaatin buat nambah wawasan aku dengan membaca banyak buku. Dari buku tentang biografi tokoh terkenal, tentang inspirasi,tentang agama,inovasi semua tak baca.Salah satu buku yang aku baca yaitu buku berjudul “Anak Kampung paling Fenomenal” karya DR.M.Mufti Mubarok.

                  Buku ini sangat inspiratif dan inovatif banget. Seperti yang kita tahu, tokoh-tokoh penting yang begitu kharismatik dan sangat berpengaruh dalam berbagai bidang dan banyak hal di Indonesia, masih belum begitu banyak. Mungkin sekitar sepuluh sampai dua puluh tahun kedepan kitalah yang akan memegang negara ini. Maka dari itu kita harus berusaha bisa memiliki peran dan space tersendiri dalam  lingkup masyarakat, sehingga kelak setelah kita mengoordinir masyarakat kita akan mengoordinir Negara ini.

               Tokoh-tokoh fenomenal di Negara kita ini telah menjadi sumber inspirasi serta idola bagi banyak orang.Bukan suatu hal yang mudah menjadi tokoh besar, karena segala yang dilakukan akan menjadi panutan bagi orang lain, sehingga kewibawaan serta pembawaan diri yang mencirikan pribadi tokoh akan dinilai secara langsung oleh berbagai pihak. Tak sedikit tokoh yang gagal dalam menjalankan peran, tersangkut kasus dan kemudian masuk kedalam bui penjara.  Akan tetapi dalam buku ini diulas tetang sepuluh tokoh  Anak kampung paling fenomenal.

               Untuk menjadi seorang yang berpengaruh dan menjadi panutan bukan hal yang mudah. Kita harus memiliki tekad, visi,misi,serta kejujuran yang tinggi. Berkarakter serta memiliki pembawaan yang khas membuat kita berbeda dengan orang lain. Begitu pula tokoh pemimpin, ibarat sebuah kapal, seorang tokoh pemimpin adalah nahkoda yang memiliki tujuan kemana kapal akan berlabuh.

                 Kisah sukses orang-orang besar yang sangat menginspirasi membuat banyak pihak ingin mengetahui rahasia sukses menjadi pemimpin besar. Begitu pula aku guyss, penasaran banget gimana caranya menjadi tokoh paling fenomenal yang bisa membawa perubahan nyata buat bangsa ini. I believe one day kita bakal bisa menjadi salah satu tokoh besar yang banyak disegani masyarakat serta bebudi luhur.

            Menjadi seorang pemimpin itu harus berkarakter kuat,jujur, ambisius, penuh semangat yang menggebu-gebu, harus bisa fokus ke satu hal dulu baru ke banyak hal, harus fleksibel dan bisa menyesuaikan diri dengan segala hal, memiliki kerendahan hati,empati serta rasa peduli yang tinggi,rasa sosial yang tinggi, harus bisa ngendaliin emosi juga, serta bisa menghormati lawan maupun kawan.

Dalam buku ini diulas sepuluh tokoh . Nah diantaranya sebagai berikut

1. CHAIRIL TANJUNG : SAYA HANYA "ANAK SINGKONG"


“Saya selalu menerima kegagalan dengan tangan terbuka. Percaya atau tidak,bila semuanya diterima dengan terbuka, lama-lama kegagalan akan enggan datang “

2. DAHLAN ISKAN : MARI MENGHAJAR KEMISKINAN



Jika semua yang kita kehendaki terus kita miliki,darimana kita belajar ikhas
Jika semua yang kita impikan segera terwujud ,darimana kita belajar sabar
Jika setiap doa kita terus dikabulkan,bagaimana kita belajar ikhtiar
Seorang yang dekat dengan Tuhan,bukan berarti tidak ada air mata
Seorang yang taat pada Tuhan,bukan berarti tak ada kekurangan
Seorang yang tekun berdoa,bukan berarti tak ada masa sulit
Biarlah Tuhan yang berdaulat sepenuhnya atas diri kita,karena Dia tahu yang tepat untuk memberikan yang terbaik
Ketika kerjamu tak dihargai, maka saat itu kamu sedang beajar tentang ketulusan
Ketika usahamu dinilai tiak penting,maka saat itu kamu belajar tentang keikhlasan
Ketika hatimu terluka sangat dalam,maa saat itu kamu sedang belajar tentang memaafkan
Ketika kamu lelah dan kecew,maka saat itu kamu sedang belajar tentang kesungguhan
Ketika kamu merasa sepi dan sendiri,maka saat itu kamu sedang belajar tentang ketangguhan
Tetap semangat…. Tetap sabar…. Tetap tersenyum….Karena kamu sedang menimba ilmu di Universitas Kehidupan
Orang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahn,kesenangan dan kenyamanan
Merea dibentuk melalui KESUKARAN,TANTANGAN SERTA AIR  MATA

-Dahlan Iskan-

3. SURYA PALOH : PENGUSAHA PENGGAGAS RESTORASI


"Bangsa yang kita cintai ini sedang diuji ketangguhannya. Keberadaannya, kemampuan persatuannya ,semua kita sedang diuji. Bahkan dunia menyatakan bangsa ini akan mengalami potensi negara gagal. Dunia memberikan warning kepada kita. Tentu itu bagi kita anak-anak bangsa,kita tidak mau negara ini disebut negara gagal, "Saya bangga karena masih ada kaum muda yang merelakan jiwanya untuk negeri ini. Pemuda yang gelisah atas ketidakadilan dan praktek-praktek pengekploitasian kemiskinan."


4. JOKO WIDODO : DARI MEBEL KE GUBERNUR



"Jika bisa dipermudah, kenapa dipersulit. Jika bisa dipercepat kenapa diperlambat."


5. ABURIZAL BAKRIE : PENGUSAHA PENUH KONTROVERSI





“Tak perlu harus pandai, tetapi cukup tau. Yang penting kita mau dikelilingi orang-orang pandai, yang bisa memberiksan alternatif pemecahan masalah. Pemimpin itu yang memutuskan dan berani mengambil risikonya.”


6. JUSUF KALLA : SAYA SOSOK OPORTUNIS






"Saya tidak takut dengan kekalahan. Tapi saya tidak mau jadi orang alah. Itu dua hal yang berbeda. Saya ingin menang dengan membuat strategi yang lain."


7. CIPUTRA : PELOPOR REAL ESTATE INDONESIA



"Wirausahawan adalah seorang yang mampu mengubah SAMPAH menjadi EMAS "


8. PRABOWO SUBIANTO : SANG JENDRAL KONTROVERSIAL




“Rakyat sudah bosan dengan janji-janji palsu, rakyat sudah bosan dengan kata-kata manis, ulah-ulah penuh jnji tetapi ketika berkuasa kerjanya ngolong atau mencuri hak rakyat. Kita harus bahu membahu bekerja untuk kepentingan Bangsa dan Tanah Air”


9. HARY TANOESUDIBJO : RAJA BISNIS MULTIMEDIA



"Sebagian besar orang ingin perubahan "


10. BOB SADINO : KONGLOMERAT YANG MEMILIH MISKIN


"Orang pintar biasanya banyak ide bisnis, bahkan terlalu banyak sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sementara orang goblok mungkin hanya punya satu ide , dan satu ide itulah yang menjadi pilihan usahanya"




Setelah membaca buku ini Guyss, aku jadi sadar kalo kita itu merupakan calon calon pemimpin bangsa, Mari kita memperbaiki sikap kita melalui kedisiplinan agar kelak pantas bersejajar dengan tokoh tokoh fenomenal tersebut.

"Succes doesnt consist in never making mistakes but in never making the same one a second time."



Komentar

Postingan Populer